Tips Sehat Dan Awet Muda

Aloj Srjna   February 22, 2015   No Comments

Semua orang pasti menginginkan hidup sehat. Tidak peduli mereka laki-laki, perempuan, tua, muda, orang kaya maupun orang miskin. Dengan nikmat kesehatan ini, orang bisa belajar, bekerja, beribadah, bermain, berwisata, dan lain-lain dengan mudah dan nyaman. Sehat adalah nikmat dari Allah yang sangat luar biasa. Ia merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia.

Jika kita membahas mengenai konsep sehat, pikiran kita akan lebih cenderung kepada jasmaniah yang segar bugar – adapun anggapan umum lebih mempersepsikannya dengan keadaan bebas nyeri – serta pikiran yang tenang. Sedangkan awet muda, lebih identik dengan tubuh yang kuat serta kulit yang sehat.

Kesehatan itu mahal. Bagi orang-orang yang memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya investasi kesehatan di masa depan, serta didukung oleh materi untuk meraihnya, tentu ia akan melakukan banyak upaya untuk mewujudkannya. Misalnya, dengan rajin berolahraga, mengkonsumsi makan-makanan yang sehat dan bergizi, rajin check-up ke dokter, dan lain-lain.

Begitupun investasi awet muda. Terutama untuk para wanita jaman sekarang. Bentuk tubuh yang indah dan kulit yang putih mulus merupakan sesuatu yang diimpikan. Tak heran, jika mereka melakukan banyak hal meskipun harus dengan membayar mahal. Misalnya dengan menggunakan produk-produk kosmetik yang mahal, minum obat-obatan pelangsing, rajin pergi ke salon dan sebagainya.

Namun, sebenarnya ada beberapa tips sederhana yang dapat diaplikasikan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan awet muda seperti yang diinginkan banyak orang saat ini. Selain sederhana, tips ini juga sangat cocok bagi anda yang memiliki penghasilan pas-pas an serta tidak memiliki banyak waktu untuk berkutat dengan salon. Berikut adalah tipsnya :

  1. Mengkonsumsi makanan, minuman yang sehat dan bergizi

Tubuh membutuhkan glukosa untuk melakukan metabolisme yang akan diubah menjadi energi dan lemak. Glukosa ini diperoleh dari makanan yang biasa kita konsumsi sehari-sehari. Konsumsi buah-buahan terutama, dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Misalnya, buah apel yang kaya antioksidan  untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh. Serta mengandung elastin dan kolagen yang membuat kulit awet muda.

Selain itu, jeruk yang terkenal dengan kandungan vitamin C nya dapat mencerahkan kulit serta meningkatkan imunitas tubuh dari serangan penyakit. Konsumsi papaya juga bagus untuk organ pencernaan dengan membantu melancarkan pembuangan tinja. Serta masih banyak buah-buahan lain yang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pengawet terlalu sering. Pengawet yang terbuat dari bahan-bahan kimia ini, apabila terlalu sering dikonsumsi akan dapat mempercepat kerusakan sel dan jaringan. Tidak terkecuali jaringan kulit. Akibatnya, kulit akan terlihat lebih mudah mengalami penuaan.

Jika didalam islam, dalam mengkonsumsi makanan dan minuman, ada standart pemilihannya, yakni halal dan haram. Misalnya, daging babi mengandung cacing pita yang dapat berbahaya bagi organ pencernaan, minuman alkohol atau apapun yang mengadung etanol yang berbahaya bagi organ tubuh secara keseluruhan dalam jangka waktu yang lama. Namun, meskipun demikian, hendaknya ini tidak menjadi alasan seorang muslim untuk melaksanakan syari’at tersebut, tetapi lebih karena dorongan keimanan.

  1. Puasa adalah diet yang paling sehat

Kebanyakan wanita jaman sekarang menginginkan tubuh yang indah. Indah ini bisa dimaknai dengan seksi atau tidak gemuk. Akibatnya, mereka melakukan banyak upaya seperti minum obat-obatan pelangsing hingga diet membatasi konsumsi makanan. Tidak jarang tindakan-tindakan ini memiliki efek negatif secara tidak langsung dalam jangka waktu lama bagi kesehatan tubuh.

Namun, ada solusi praktis dan aman yang ditawarkan islam untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu puasa. Puasa selain membuat tubuh tidak menjadi obesitas karena banyaknya lemak yang ditimbun tubuh dalam jaringan-jaringan lemak, juga dapat menyehatkan organ saluran pencernaan dengan mengistirahatkannya atau meringankan tugasnya selama puasa. Sekali lagi, ini adalah hikmah dari menjalankan syari’at Allah atas landasan keimanan bagi seorang muslim.

  1. Olahraga teratur

Sesuatu apabila dilakukan secara teratur memiliki efek yang lebih terasa apabila hanya dilakukan sekali dua kali namun dalam jarak waktu yang lama. Sholat adalah olahraga paling teratur dan paling menyehatkan bagi seorang muslim.

  1. Membasuh wajah minimal 3 kali sehari

Membasuh wajah dengan air biasa dapat membantu menghilangkan kotoran atau debu-debu yang menempel di wajah. Kotoran atau debu ini dapat mengandung bakteri yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Bakteri ini dapat menimbulkan berbagai gangguan kulit wajah, misalnya jerawat. Bagi seorang muslim, membasuh wajah sudah menjadi rutinitasnya. Bukan hanya 3 kali sehari, namun bisa jadi 5 kali sehari, yaitu ketika berwudhu sebelum sholat wajib.

  1. Pola tidur yang sehat

Selain hal-hal diatas, yang tidak kalah pentingnya adalah pola tidur. Waktu tidur paling bagus adalah antara jam 9 malam sampai jam 3 dini hari. Pada rentang waktu ini, tubuh mengeluarkan hormon melatonin yang merupakan antioksidan yang paling kuat. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pineal di otak. Namun hormon ini dapat secara optimal dihasilakan jika suasana ruang tempat tidur dalam keadaan gelap. Hormon ini secara alami akan mengeluarkan zat-zat oksidatif dalam tubuh, dan salah satu efeknya pada kulit adalah perlambatan terjadinya penuaan pada kulit.

Bangun dini hari dapat menimbulkan efek positif pada jantung. Ketika dini hari, jantung berdetak dengan sangat lambat dan sebagai feedback-nya, pembuluh darah menuju jantung menjadi mengecil untuk mengimbangi pergerakkannya. Jika semisal ada sumbatan didalam pembuluh darah, maka akibat paling fatal adalah kematian karena tidak adanya suplay darah yang optimal ke otak, akibat dari terganggunya aliran darah menuju jantung. Dengan bangun dini hari dan beraktivitas ringan, misalnya sholat, membaca al-qur’an dan lain-lain, akan memperkecil resiko tersebut.

  1. Taat beribadah

Aspek-aspek yang berhubungan dengan tubuh secara fisik memang penting. Namun ada satu aspek yang memiliki dampak cukup besar dalam kesehatan seseorang, yaitu aspek kejiwaan, emosi atau pikiran. Hal ini secara tidak langsung dapat berefek kepada tubuh secara fisik. Akan terjadi yang disebut stres sel. Dimana sel akan memproduksi zat-zat oksidatif yang akan mempercepat kerusakan sel dan jaringan. Tentu ini akan berpengaruh negatif terhadap kesehatan tubuh.

Umumnya, seseorang mengalami keresahan, ketidaktenangan dan kekacauan berpikir akibat dari tekanan hidup yang demikian menghimpit dirinya dan ditambah lagi karena dia tidak memiliki pegangan hidup yang jelas.

Oleh karenanya, seorang muslim pada khususnya, harus menjadikan syari’at islam sebagai pedoman hidupnya. Dengan hal ini, dia akan menjadikan islam sebagai standartnya dalam menghadapi semua permasalahan hidup. Jika dia menghadapi masalah, dia tidak akan mudah putus asa, karena dia yakin memiliki Allah yang jauh lebih Maha Kuasa untuk menolongnya dalam setiap urusannya. Ketenangan jiwa dengan taat beribadah dan menjalankan semua syari’at islam inilah yang akan memberikan energi positif bagi sel. Kesehatan secara jasmaniah atau fisik pun akan didapatkan dengan kesehatan secara kejiwaan atau pikiran.

Hal-hal diatas adalah sedikit tips sederhana yang dapat diaplikasikan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan awet muda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>