Televisi Dan Dampaknya Bagi Anak

Aloj Srjna   December 5, 2015   No Comments

Di era modern saat ini, televisi telah banyak diketahui dan dimiliki oleh berbagai kalangan. Mulai dari kalangan ekonomi atas, menengah hingga ke bawah. Televisi seolah telah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat dunia. Televisi sangat digemari tidak hanya oleh orang dewasa tapi juga oleh anak-anak. Ini dikarenakan ddalam televisi mengandung berbagai jenis tayangan yang digemari oleh berbagai umur. Mulai dari berita, film, infotainment, tayangan musik, juga kartun. Selama ini tayangan dewasa menempati porsi yang lebih banyak. Namun seiring dengan permintaan pasar, saat ini sudah ada beberapa stasiun televisi yang mengkhususkan tayangannya bagi anak-anak. Hal ini menyebabkan anak tidak pernah berhenti untuk melihat televisi. Banyak anak yang kemudian kecanduan televisi. Ini sebabanya anak-anak perlu pengawasan.

Secara kesehatan, menonton televisi selama tiga hingga empat jam memberikan efek yang negative. Kesehatan mata terancam karena radiasi cahaya yang dipancarkan dari layar. Apalagi biasanya saking asyiknya anak-anak cenderung menonton televisi sampai mendekati layar. Selain acara-acara yang disajikan memberikan nilai-nilai yang kurag mendidik dan mengganggu perkembangan kecerdasan anak. Apalagi beberapa film kartun yang dipertontonkan saat ini justru merangsang syahwat anak-anak. Sebagian film-film kartun ini mengetengahkan percintaan, seperti serial-serial dan drama-drama untuk orang dewasa. Manusia, binatang melata, maupun seranggga-serangga yang memadu kasih dan bercumbu. Ini bisa merangsang syahwat anak, mengundang perbuatan keji, dan memberikan dorongan untuk melakukan hubungan cinta dengan wanita-wanita kerabat. Selain itu, sebagian film-film asing di dalamnya tampak rasisme. Kebenaran, kebaikan, kepahlawanan, dan kemenangan hanya milik orang-orang kulit putih. Film-film yang ditayangkan terkesan menyanjung-nyanjung bangsa berkulit putih, sedangakan orang kulit sawo matang atau yang lain berada pihak yang salah dan kalah.

Bahaya televisi juga tampak pada tayangan-tayangan lain. Beberapa bahaya itu antara lain: merangsang nafsu seks anak-anak, mempengaruhi anak dengan kebrutalan-kebrutalan serta kekejaman yang ditayangkan di televisi, anak-anak terpengaruh dengan ungkapan-ungkapan yang berupa cacian dan makian. Televisi juga menyebabkan jam tidur anak menjadi semakin larut. Dengan berbagai bahaya dan pengaruh yang disebabkan oleh televisi sebaiknya orang tua lebih berhati-hati dan melakukan penyaringan pada tayangan-tayangan yang ditontonkan kepada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>