Tahukah Kamu?

Aloj Srjna   December 30, 2014   No Comments

Tahukah anda, berbagai kejadian di dunia ini yang mungkin adalah kejadian yang sederhana, tetapi jika kita melihat dalam sudut pandang yang lain, maka itu akan menjadi hal yang luar biasa. Ingin tahu lebih lanjut? Mari kita simak bersama-sama fenomena sederhana yang menakjubkan.

  1. Tahukah kamu? Berapa banyak tulang yang kita miliki? Anak bayi yang baru lahir memiliki 270 tulang. Beberapa tulang akan bergabung menjadi satu saat kita mulai menjadi dewasa dan saat itu, tulang yang kita miliki oleh orang dewasa menjadi 206. Pada bagian pusat, terdapat 74 tulang, termasuk 26 tulang punggung, 22 bagian tengkorak dan 25 pada bagian-bagian yang disebut rusuk. Tangan dan kaki memiliki 126 tulang, 62 di kaki dan 64 di tangan. Telinga kita sendiri juga memiliki 6 buah tulang.
  2. Tahukah kamu? Mengapa pesawat terbang yang jauh di atas terlihat lambat bergerak? Ketika kita melihat sesuatu yang bergerak, yang patut kita sadari adalah perubahan sudut pandang dari mata kita terhadap obyek yang bergerak tersebut. Obyek yang berada dekat sekali dengan kita, walaupun bergerak tidak terlalu cepat, akan membuat kita memutarkan kepala hanya untuk melihat kemana obyek itu sekarang berada. Ketika kamu melihat sesuatu obyek yang bergerak di kejauhan, perubahan sudut pandang yang terjadi tidak sebesar apabila obyek itu ada di dekat kita sehingga kita merasa bahwa obyek tersebut bergerak ambat, seperti pada pesawat yang sedang terbang jauh di atas. Contoh lainnya adalah bulan. Bulan bergerak mengelilingi bumi dengan kecepatan rata-rata 1.022 km/jam, tapi karena jarak antara kita dengan bulan yang jauh, bulan kelihatan tidak bergerak sama sekali, karena kita hampir tidak merasakan perubahan sudut pandang.
  3. Tahukah kamu? Mengapa matahari berwarna merah saat terbit dan terbenam? Saat matahari tebit dan terbenam, sinar dari matahari melakukan perjalanan yang lebih panjang dibandingkan dengan di waktu lain seperti siang karena jarak antara kita dan matahari di waktu terbit dan terbenam lebih jauh di bandingkan dengan di waktu siang. Warna sinar yang mampu mencapai kita adalah warna merah yang mempunyai gelombang sinar lebih panjang yaitu merah. Inilah sebabnya, mengapa matahari terlihat merah di waktu tersebut.

Menarik bukan? Suatu hal mungkin sederhana jika kita melihatnya dengan sederhana, tapi tidak akan menjadi sederhana ketika kita mau mengenal lebih dekat. Ingin tahu lebih lanjut tentang fenomena menarik lainnya? Tunggu edisi berikutnya. Semoga semakin menambah wawasan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>