Sari Kedelai Murah Dan Mudah Dibuat

Aloj Srjna   February 14, 2014   No Comments

Sari kedelai saat ini banyak dikonsumsi oleh berbagai usia. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang yang sudah tua. Selain itu, sari kedelai bagus dikonsumsi oleh wanita hamil. Dewasa ini banyak kita dapati penjual sari kedelai dimana-mana. Namun ternyata sari kedelai sangat mudah untuk dibuat. Biaya yang diperlukanpun sangat murah. Hal ini yang kemudian menggiurkan bagi berbagai pihak untuk berbisnis sari kedelai. Apalagi keuntungannya bisa hingga mencapai 100%. Lalu bagaimana cara membuatnya. Berikut ini cara pembuatan sari kedelai dalam porsi sedang.

Bahan pembuatan sari kedelai antara lain kedelai 2 ons, 1 sendok teh garam secukupnya, daun pandan 3 helai, air 6 liter, dan gula secukupnya. Peralatan yang perlu disiapkan yaitu kain, panci besar, kompor, elpiji, blender. Langkah pembuatan sari dele. Cucilah kedelai dengan bersih. Rendamlah kedelai yang sudah dibersihkan selama 12 jam. Setelah kedelai direndam selama 12 jam pisahkan kulit arinya dari kedelai kemudian bilaslah hasil pemisahan kedelai dengan kulit arinya. Perendaman kedelai melebihi 12 jam akan membuat kedelai basi. Blenderlah kedelai yang sudah dipisahkan kulit arinya sampai halus. Ambil kain bersih untuk menyaring hasil jus kedelai tadi. Ampas kedelai yang tersaring masukkan  ke dalam blender dan tambahkan air lalu blender kembali. Diulang-ulang seperti itu hingga sarinya habis. Bagaimana mengetahui bahwa sari kedelai dalam ampas sudah keluar semua? Lihatlah hasil perasannya, jika hasil perasan tidak seperti sebelumnya (tidak begitu kental) maka sari kedelai sudah keluar semua. Setelah semua sari telah terperas masukkan hasil perasan ke dalam panci dan masaklah dengan api yang sedang. Masukkan daun pandan kedalam panci dan aduklah dengan perlahan-lahan sampai mendidih. JIka disaat merebus sari kedelai tidak diaduk akan menimbulkan gumpalan atau bahkan hasilnya akan pecah. Setelah mendidih, tambahkan ke dalam panci berisi sari kedelai satu sendok teh garam, dan masukkan gula secukupnya. Dinginkan dan sajikan. Sari kedelai akan bisa bertahan dalam suhu normal selama ± 5 jam. Jika dalam kondisi beku atau di dalam freezer bisa bertahan hingga 1 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>