NARKOBA Dibalik Tindak Kriminal

Aloj Srjna   May 30, 2014   No Comments

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Meski tidak banyak yang mengetahui secara detail kepanjangan dari narkoba, namun banyak orang yang sudah mengetahui tentangnya. Narkoba adalah bahan atau zat kimia yang dapat mempengaruhi kejiwaan seseorang dan dapat pula menimbulkan ketergantungan. Narkotika dan obat terlarang banyak jenisnya. Narkotika terdiri atas: ganja, kokain dan candu. Adapun obat-obat terlarang misalnya ametamin, dan benzerdine yang digunakan sebagai obat perangsan. Juga ada obat phewnorbital, nebutal, seconal yang digunakan di dunia kedokteran sebagai obat penenang.

Narkotika dan beberapa obat yang sering disalahgunakan ini memang digunakan di dunia medis. Namun sudah sejak lama telah disalahgunakan oleh banyak orang untuk mencari kesenangan duniawi. Berbagai kalangan yang menggunakan tidak hanya dari golongan orang dewasa saja namun bahkan saat ini sudah merembet ke anak sekolah. Yang lebih parahnya sudah banyak beredar pula di sekolah-sekolah dasar. Penyalahgunaan narkoba ini telah banyak diketahui memberikan efek buruk bagi kesehatan dan aspek sosial. Berdasarkan laporan WHO dikatakan bahwa narkoba berada dibalik tindak kriminal yang terjadi. Tercatat setidaknya 86% dari kejadian pembunuhan, 5% dari perampokan dan kekerasan, 50% dari kecelakaan disebabakan karena pelakunya menggunakan narkoba. Selain itu narkoba telah sejak lama menjadi penyebab utama dari kejadian HIV / AIDS. Meskipun saat ini penyebab HIV / AIDS yang utama telah bergeser ke seks bebas. Sayangnya meski telah menjadi barang yang ‘diharamkan’ oleh berbagai Negara, namun upaya pemberantasan penyebaran narkoba ini masih belum dilakukan dengan serius. Walhasil, bukannya berkurang jumlah penggunanya justru semakin bertambah di berbagai belahan dunia. Dan jangan ditanya tentang efek social yang ditimbulkannya, tentu saja memberikan  semakin meningkat pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>