Menuju Swasembada Pangan

Aloj Srjna   March 30, 2014   No Comments

Swasembada pangan bukanlah sebuah impian di siang bolong. Indonesia pernah mengalaminya di masa Suharto. Namun kini kondisi berbalik 180 derajat. Indonesia yang dulu dikenal sebagai Negara swasembada pangan justru mengimpor beras. Padahal Indonesia Negara agraris. Lalu bagaimana menjadi Negara swasembada pangan dengan kondisi dan tantangan saat ini?

Pertama yang harus menjadi focus perhatian bahwa Negara harus memiliki tujuan politik pertanian untuk mewujudkan kesejahteraan dalam pertanian, pengolahan hasil pertanian maupun perdagangan dan jasa pertanian sehingga dapat memenuhi kebutuhan pokok rakyat. Negara juga harus memiliki prinsip untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam negeri terlebih dulu baru dipasarkan keluar negeri. Kebijakan yang perlu diambil oleh Negara adalah intensifikasi dan ekstensifikasi. Indonesia adalah Negara kepulauan yang memeiliki area daratan 192 juta hektar. Selain itu Indonesia sangat subur dan cocok untuk lahan pertanian. Lahan yang subur ini bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk menanam padi saja tapi juga tanaman sumber makanan pokok lainnya seperti ubi kayu, ubi jalar, jagung, dan kentang.

Untuk memenuhi swasembada pangan perlu didukung dengan kebijakan di bidang lainnya yakni di bidang industry dan perdagangan. Di bidang industry Negara harus menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung. Seperti adanya bibit unggul yang murah dan berkualitas, pupuk, seta obat hama. Negara juga perlu untuk membangun saluran irigasi untuk memperlancar pengairan bagi pertanian. Yang tidak kalah pentingnya adalah tempat penyimpanan hasil pertanian yang bisa membuat hasil pertanian ini bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu, petani juga harus dibekali dengan wawasan pertanian yang luas. Negara harus mengadakan lembaga-lembaga penyuluhan untuk petani. Di bidang perdagangan peran Negara juga sangat penting. Kebijakan ini yang menjamin harga produk pertanian sehat dan menguntungkan bagi petani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>