Mengapa Manusia Perlu Tidur?

Tidur adalah aktivitas rutin yang dilakukan manusia. Bukan hanya sebuah rutinitas, tapi tidur merupakan kebutuhan bagi makhluk hidup. Manusia, hewan, dan tumbuhan butuh untuk tidur. Namun gaya tidurnya berbeda-beda. Tumbuhan tidak merebahkan diri seperti manusia untuk tidur. Tumbuhan memiliki cara tersendiri untuk tidur. Tapi yang pasti tumbuhanpun butuh untuk tidur.

Lalu, mengapa manusia butuh tidur? Tidur adalah kebutuhan vital bagi manusia. Beberapa teori dikemukakan terkait kebutuhan manusia untuk tidur diantaranya teori restorasi dan teori adaptasi non respon. Dalam teori restorasi manusia diibaratkan seperti motor kendaraan yang membutuhkan istirahat dan perbaikan setelah lama digunakan. Istirahat bagi manusia ini digunakan untuk mengisi ulang tenaga dan perbaikan organ tubuh sehingga ketika manusia bangun organ tubuhnya bisa berfungsi secara optimal. Berdasarkan teori restorasi dalam tidur terjadi perbaikan sel otak. Saat tidur otak istirahat dan memperbaiki sel-sel otak yang rusak serta menyambungkan kembali koneksi penting antar sel-sel otak yang kurang digunakan. Teori restorasi juga menyebutkan bahwa tidur berfungsi untuk penyusunan ulang memori. Tidur memberikan kesempatan untuk menyusun data-data atau memori untuk menguraikan masalah sehingga bisa menghasilkan solusi atas masalah. Tidur juga dapat digunakan untuk penghematan energi serta pengistrirahatan bagi sistem peredaran darah. Dalam tidur terjadi proses produksi hormone serta perbaikan enzim dan otot-otot tubuh. Demikian teori restorasi menjelaskan mengapa manusia perlu tidur.

Adapun teori adaptasi non respon. Teori ini diawali dengan anggapan bahwa tidur sebagai upaya mempertahankan diri. Sejak jaman purba banyak hewan-hewan pemangsa yang mencari mangsa di malam hari. Untuk menghindari hewan-hewan pemangsa nenek moyang manusia tidur di malam hari. Kebiasaan inilah yang terekam dalam DNA manusia yang kemudian diwariskan ke manusia jaman sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *