Jernih Belum Tentu Sehat

Aloj Srjna   August 4, 2013   No Comments

Lebih dari 30 jenis-merek air mineral kemasan yang banyak diperdagangkan di Indonesia. Maka kadang-kadang yang belum terbiasa, yang sudah terbiasa menggunakan air kemasan pun masih sering di buat  pusing memilih, membeli dan kemudian mengkonsumsi air mineral kemasan yang tepat. Berdasarkan pada keterangan pada label dan air yang terdapat di dalamnya, barangkali semua merek akan mempunyai nilai yang sama atau baik. Tetapi di dalam masalah air kejernihan tidak menjamin kualitas air, artinya tidak semua air jernih itu sehat. Karena apa yang terkandung di dalam air belum tentu dapat dilihat dengan mata telanjang untuk mengetahui kualitas dari air tersebut, harus menggunakan peralatan khusus seperti mikroskop, dan sebagainya. Ribet bukan? Lantas bagaimana cara memilih air mineral yang berkualitas dengan cara yang sederhana tapi akurat?

Langkah awal untuk menilai kemasan air mineral yang akan anda beli antara lain adalah:

  1. Kocok secara merata air yang terdapat dalam kemasan. Kemudian lihat isi yang ada di dalamnya dengan mengarahkan ke sumber cahaya (listrik atau sinar matahari). Kalau di dalam air tersebut terlihat adanya serat-serat putih (katakanlah seperti kapas) yang halus atau sudah menyatu, yang secara umum dinamakan lendir, maka minimal air tesebut telah berkurang. Lendir tersebut berasal dari bakteri alami yang ada di dalam air yang memang tidak menyebabkan nilai negatif terhadap sanitasi dan kesehatan yang meminumnya, tetapi hal itu dapat mengurangi estetika. Dengan perkataan lain anda boleh menolah atau memilih merek tersebut.
  2. Air mineral yang diproses tersendiri kalau dibandingkan dengan air minum yang lainnya, harus tetap air mineral yang bersih, jernih, aman dan sehat. Artinya air tersebut tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Untuk itu, setiap kali membeli air minum yang perlu anda lakukan pertama kali setelah membuka tutupnya adalah mencium baunya. Untuk air mineral yang baik maka anda akan mencium bau air mineral yang segar, tetapi jika anda mencium bau-bau asing atau aneh, apalagi sisa bau klor, maka dapat dipastikan itu bukan air mineral yang baik.
  3. Semua produk minuman yang telah beredar harus sudah diakui dan terdaftar di Departemen Kesehatan (Ditjen POM). Jadi ketika akan membeli air mineral anda harus memeriksa apakah terdapat nomor pendaftarannya di dalam setiap kemasannya, misalnya MD No. ………

Jika anda tidak menemukan nomor ini pada kemasan air mineral yang akan anda beli, berarti produk tersebut belum diakui yang kemungkinan dari segi keamanan dan keselamatan belum terjamin.

  1. Kemasan air mineral, artinya di dalam air tersebut komposisi dan kandungan air mineralnya harus lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan. Karena itu harusnya ada komposisi pada kemasan air mineral sesuai uji yang telah dilakukan oleh lembaga yang diberi kewenangan.
  2. Lebih amannya lagi, kalau di dalam kemasan air mineral terdapat pengakuan yang tidak hanya dari regional tapi juga internasional. Bagi anda yang menomorsatukan keamanan dan keselamatan maka hal ini memnjadi persyaratan yang wajib ada. Di dalam produk air mineral asosiasi internasional yang sudah diakui bukan saja oleh APHA tetapi juga oleh WHO. Dan menjadi kebanggaan sendiri bagi produsen jika telah diakui oleh IBWA (International Bottle Water Association) suatu asosiasi bergengsi yang berpengaruh. Maka kan lebih aman dan terjamin jika telah tercatat sebagai anggota IBWA.
  3. Semua produk yang diperdagangkan harusnya sudah diakui oleh SII (Standar Industri Indonesia), jadi lengkap pulalah jika air mineral yang akan anda konsumsi, karena sudah memenuhi syarat sebagai air minum yang aman, sehat dan beramanfaat kalau diminum.

Jadi air bersih saja tidak cukup untuk menjadikan dia sebagai air minum yang terjamin keamanannya, karena di dalamnya bukan hanya jasad hidup yang mungkin membahayakan, tetapi juga kandungan kimia yang kehadirannya tidak diharapkan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Jadi pilihlah air minum yang tidak hanya bersih, tetapi juga memnuhi persyaratan yang teah saya sebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>