Berkemah, Kegiatan Yang Menyenangkan

Aloj Srjna   June 30, 2014   No Comments

Berkemah adalah kegiatan luar ruangan yang sangat menyenangkan bagi semua umur. Mulai dari orang dewasa bahkan juga anak-anak. Berkemah digunakan sebagai sarana refreshing untuk keluarga. Selain itu di beberapa sekolah berkemah juga jadi ajang pembentukan karakter bagi anak. Memperkenalkan anak dengan alam, menumbuhkan kecintaan anak pada alam dan lingkungan. Namun karena biasanya berkemah ada di luar ruangan dan di alam bebas maka berkemah tentunya butuh persiapan sehingga pelaksanaan perkemahan bisa aman dari gangguan binatang maupun hal-hal yang tidak memungkinkan lainnya.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk berkemah? Pertama kali yang harus diperhatikan adalah tempat yang akan dijadikan lokasi berkemah. Tempat berkemah hendaknya tidak terlalu jauh dari tempat layanan umum yang vital seperti pos kesehatan, pos keamanan, dekat sumber air bersih. Selain itu fasilitas yang memudahkan untuk berkemah seperti pasar dan kampung. Tempat berkemah juga harus tenang, jauh dari gangguan binatang buas, serta memiliki pemandangan yang menyenangkan. Pemilihan tempat berkemah yang tepat akan memudahkan pelakunya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk dipersiapkan dalam berkemah adalah perlengkapan tenda dan perlengkapan pribadi. Berkemah tanpa tenda tentunya tidak mungkin. Kalaupun hal itu memungkinkan namun tentu sangat merepotkan. Perlengkapan tenda antara lain: tenda itu sendiri, tali, tongkat, serta pasak. Perlengkapan pribadi meliputi pakaian secukupnya, peralatan mandi, jas hujan, selimut, senter, peralatan masak dan makan, obat-obatan, serta bahan makanan. Perlengkapan ini juga bisa ditambah dengan keperluan pribadi yang khusus misalnya bagi penderita asma jangan pernah melupakan obat asma dan alat bantu pernafasan, untuk orang yang alergi dingin maupun alergi gigitan nyamuk jangan melupakan selimut dan obat nyamuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>