Benalu; Si Parasit yang Berkhasiat

Tidak ada satupun yang sia-sia tercipta di muka bumi ini. Jika ada istilah sampah masyarakat, itu sesungguhnya hanya sebuah terminologi untuk manusia-manusia yang tidak menggunakan akal dan dirinya untuk berdaya guna untuk orang lain. Namun, bukan sampah masyarakat yang akan dibahas dalam tulisan ini, melainkan tentang tumbuhan yang selama ini sering dianggap sebelah mata karena hidupnya yang hanya menumpang pada tumbuhan lain. Semua pasti tahu tumbuhan Benalu.

Benalu bernama latin Loranthus Spech.div. Di kalangan orang-orang Jawa terkenal dengan sebutan Kemladean, sementara di Sumatra biasa dikenal dengan sebutan Pasilan. Meskikun penyebutannya berbeda, namun secara jenis tumbuhan sama.

Ciri-ciri umum tumbuhan yaitu parasit, menempel pada tumbuhan lain dan menyerap sari pati makanan serta mineral pada tumbuhan yang ditumpanginya hingga tumbuhan tersebut mati. Bunganya berkelamin tunggal, biji dan buahnya mengandung getah. Perkembangbiakannya melalui binatang atau burung yang memakan biji buah Benalu.

Tumbuhan ini sekilas jika dilihat dari ciri-ciri umumnya akan sangat mengganggu kehidupan makhluk lainnya, terlebih tumbuhan-tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Namun, siapa yang mengira bahwa ternyata tumbuhan menyebalkan ini memiliki khasiat tersendiri, yaitu sebagai antikanker, obat amandel, dan obat campak.

Benalu yang hidup pada tumbuhan teh (Camellia sinensis) dapat digunakan sebagai obat antikanker, sementara Benalu yang hidup pada tanaman jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dapat digunakan sebagai ramuan obat penyakit amandel. Benalu pada umumnya bisa digunakan untuk mengobati penyakit campak. Akan tetapi, kajian secara ilmiah terhadap teori ini masih belum dilakukan.

 

Meskipun penelitian lebih lanjut terhadap masalah ini belum seberapa banyak, tetapi sekarang minimal kita tidak lagi memndang sebelah mata pada tumbuhan ini. Tumbuhan parasite pun ternyata membawa manfaat bagi manusia jika manusia benar-benar mau berpikir dan mengambil pelajaran darinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *